Sabtu, 30 Januari 2016

Tugas Ekonomi: Pasar Persaingan Sempurna dan Tidak Sempurna

Konbanwa! Nyehehe! Malem minggu, Miharu malah belajar. Nyehehe! Keren kan ane? 

Kali ini ane ngerjain tugas Ekonomi. Ane belom cerita ye, ane itu kelas IPS dalam sebuah SMA Negeri di Surabaya. IPS seru kok mempelajari masa lalu yang sudah pasti ada. Nyehehe! Sama aja sih ya, mau IPS ato IPA ato Bahasa, semua itu sama kalo niat sama yang dijalaninya. Hahaha, curcol bersama Miharu sejenak, ne? Ah nggak usah banyak omong deh. Iniloh tugasku! Cekicekidodot!


Pasar Persaingan Sempurna

Pengertian pasar persaingan sempurna
     Pasar persaingan sempurna adalah suatu pasar dimana jumlah penjual
dan pembeli (konsumen) sangat banyak dan produk atau barang yang ditawarkan atau dijual sejenis atau serupa.

Ciri-ciri pasar persaingan sempurna
     Pasar persaingan sempurna memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
      1.   Penjual dan pembeli tahu kondisi pasar
      2.    Barang atau produk bersifat homogen, atau sejenis, serupa dan mirip antara satu sama lain
      3.    Penjual bersifat pengambil harga (price taker)
      4.    Posisi tawar dari pembeli kuat
      5.    Tak ada campur tangan pemerintah
      6.    Sensitif terhadap perubahan harga barang/produk yang dijual
      7.    Bebas keluar masuk dari pasar

Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna
     Berikut kelebihan pasar persaingan sempurna:
      1.    Tidak tampak kegiatan saling menyaingi antar pembeli
      2.    Penjual tidak mungkin mengadakan persaingan harga dengan maksud merebut pasar
      3.    Barang yang ditawarkan penjual akan laku tanpa mengalami penurunan harga
      4.    Tidak mungkin mengugah bentuk barang untuk membuat pasar
      5.    Informasi tentang pasar telah diketahui oleh saingan usaha
      6.    Konsumen tidak perlu beradu tegang tentang tawar-menawar harga barang karena
             harga tidak dapat dipengaruhi oleh siapapun

Kelemahan Pasar Persaingaan Sempurna
     Kelemahannya:
      1.    Tidak mendorong inovasi
      2.    Membatasi pilihan konsumen
      3.    Distribusi pendapatan yang tidak merata/ tidak seimbang


Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Pengertian pasar persaingan tidak sempurna
     Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar di mana terdapat satu atau beberapa penjual yang menguasai pasar atau harga, serta satu beberapa pembeli yang menguasai pasar atau harga.

Ciri – ciri pasar persaingan tidak sempurna
Ciri pasar persaingan tidak sempurna sebagai berikut:
1.    Hanya ada satu orang penjual
2.    Terdapat banyak pembeli
3.    Produk untuk pasar monopoli tidak memiliki barang pengganti(substitusi) yang dekat
4.    Adanya hambatan untuk masuk ke dalam pasar
5.    Barang yang diperdagangkan homogen
6.    Penjual dapat memainkan harga sedangkan pembeli hanya menurut saja.

Bentuk beserta kelebihan & kekurangan pasar persaingan tidak sempurna
1.    Pasar Monopoli adalah suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar dan tidak ada barang pengganti. Contoh: PLN
Ciri pasar monopoli:
a.    Ada rintangan yang sulit dalam memasuki pasar
b.    penjual satu pembeli banyak
c.    keuntungan terpusat pada satu perusahaan
Kelebihan pasar monopoli:
a.    Untung penjual tinggi
b.    Produk yang menguasai hajat hidup orang diatur pemerintah
Kelemahan pasar monopoli:
a.    Pembeli tidak punya pilihan lagi untuk membeli barang
b.    Terjadi eksploitasi pembeli

2.    Pasar Oligopoli adalah suatu pasar dimana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Contoh: AQUA, NESTLE, PRIMA (sama-sama jual air mineral)
Ciri pasar oligopoli:
a.    Barang yang dijual homogen/bisa juga tidak
b.    Ada halangan masuk yang cukup sulit untuk masuk ke pasar
c.    Adanya market leader dari salah satu penjual
Keburukan pasar oligopoli:
a.    Keuntungan terlalu besar bagi produsen dlm jangka waktu panjang
b.    Timbul inefisiensi produksi

3.    Pasar Monopolistik adalah suatu bentuk pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang dengan jenis yang berbeda. Contoh: perusahaan motor Honda membuat motor yang irit, sedangkan Yamaha membuat motor yang bertenaga.
Ciri pasar monopolistik:
a.    Barang yang dijual sama namun punya ciri khas.
b.    Adanya keaktivan dalam promosi.
c.    Keluar masuk pasar relatif mudah
Kelebihan pasar monopolistik:
a.    Penjual tak sebanyak pasar persaingan sempurna.
b.    Produsen terpacu untuk berkreatifitas
Kelemahan pasar monopolistik:
a.    Biaya mahal untuk ke pasar monopolistik. Karena produsen perlu mengadakan riset untuk pengembangan produk
b.    Persaingan berat karena pasar dikuasai oleh pesaing ternama

4.    Pasar Monopsoni adalah pasar yang dikuasai seorang pembeli dengan penawaran dari banyak produsen. Contoh: penjualan perangkat kereta api di Indonesia, KAI.
Ciri pasar monopsoni:
a.    Hanya ada satu pembeli
b.    Pembeli bukan konsumen tapi pedagang/produsen
c.    Barang yang dijual merupakan bahan mentah
d.    Harga sangat ditentukan pembeli
Kelemahan pasar monopsoni:
a.    Pembeli bisa seenaknya menekan penjual
b.    Produk yang tidak sesuai keinginan pembeli tidak akan dibeli dan bisa terbuang
Kelebihan pasar monopsoni:
a.    Kualitas produk lebih terpelihara
b.    Penjual akan hemat dalam biaya produksi

5.    Pasar Oligopsoni adalah suatu kondisi pasar dimana terdapat beberapa pembeli. Contoh: Telkom, Indosat, Mobile-8
Ciri pasar oligopsoni:
a.    Terdapat beberapa pembeli.
b.    Pembeli bukan konsumen tapi pedagang/produsen.
c.    Barang yang dijual merupakan bahan mentah.
d.    Harga cenderung stabil.
Kelemahan pasar oligopsoni:
a.    Bisa berkembang menjadi pasar monopsoni bila antar pembeli bekerja sama
b.    Kualitas barang kurang terpelihara.
Kelebihan pasar oligopsoni:
a.    Penjual lebih beruntung karena bisa pindah ke pembeli lain
b.    Pembeli tidak bisa seenaknya menekan penjual



Tahun Ajaran 2015-2016